Skripsi
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
HARDANI, DEDY. 2012. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Intensitas Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Pendidikan Matematika. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. M.Shaefur Rokhman, M.Si. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Motivasi, Intensitas, Prestasi
Motivasi berprestasi dan intensitas belajar merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya : (1) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal; (2) Pengaruh intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal; (3) Pengaruh motivasi berprestasi dan intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 280 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 80 siswa, yaitu diperoleh dari kelas VII A dan VII E. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dan intensitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Comal Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2010/2011.
MIPA0312043 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain