Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW PADA MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL KELAS X MADRASAH ALIYAH AT – TAWAAZUN WIDURI PEMALANG TAHUN AJARAN 2011
ABSTRAK
Eva Fatimah. 2012.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw Pada Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Kelas X Madrasah Aliyah At – Tawaazun Widuri Pemalang Tahun Ajaran 2011. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Drs. Subiyanto, MPd. Dra. Mursyidah DH.SH.MH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: Cooperative Learning Teknik Jigsaw, Hasil Belajar, PKn
Penelitian ini berjudul“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw Pada Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Kelas X Madrasah Aliyah At – Tawaazun Widuri Pemalang Tahun Ajaran 2011”, permasalah dalam skripsi ini adalah apakah metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa Madrasah Aliyah At-tawaazun Widuri Pemalang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw bagi siswa Madrasah Aliyah At-tawaazun Widuri Pemalang. Manfaat Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas X Madrasah Aliyah At-Tawaazun Widuri Pemalang diharapkan dapat bermanfaat antara lain: bagi guru, bagi siswa, bagi sekolah, serta bagi pendidikan.
Tempat yang digunakan untuk penelitian ini adalah Madrasah Aliyah At-tawaazun Widuri Pemalang.Penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 Tahun ajaran 2011 / 2012 dengan pokok bahasan Sistem Hukum dan Peradilan Nasional.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah At-Tawaazun Widuri Pemalang, kabupaten Pemalang, tahun ajaran 2011/ 2012.Obyek penelitian ini adalah kegiatan selama pembelajaran dan hasil belajar.Waktu yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian tindakan kelas ini adalah pada bulan Agustus s/d Oktober 2011.
Kesimpulan dari penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa Pembelajaran PKn dengan menerapkan metode cooperative learning dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem hukum dam peradilan nasional di kelas X Madrasah Aliyah At-Tawaazun Widuri Pemalang, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang pada siklus 2 berhasil mencapai 96,43 % melebihi target ketuntasan belajar kelas 85%. Sehingga metode cooperative learning teknik jigsaw sangat efektif diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
PKN0312005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain