Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN “SAVI” (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011)
ABSTRAK
AMANATI, ARI. 2012. Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan ”SAVI” (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011). Pendidikan Matematika. M. Shaefur Rokhman, M.Si. Drs. Ponoharjo, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pendekatan SAVI , Kemampuan Numerik, Prestasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan ”SAVI” dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa dan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan pendekatan ”SAVI” dengan kemampuan numerik siswa.
Populasi penelitian ini adalah kelas X, semester II SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 135 siswa, terbagi dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X.4 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan pendekatan ”SAVI”) dengan jumlah 27 siswa, dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol (metode konvensional) dengan jumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan numerik yang diberikan sebelum kedua kelas mendapatkan perlakuan yang berbeda dan tes hasil belajar yang diberikan setelah kedua kelas mendapatkan perlakuan. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu instrumen diujicobakan pada kelas X.3 untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan numeriknya yaitu dalam kelompok kemampuan numerik tinggi dan kemampuan numerik rendah. Teknik analisis data untuk penelitian ini dengan menggunakan uji anava dua arah.
Dari hasil perhitungan analisis data Anava Dua Arah diperoleh hasil FA = 161,59 > F(1;50;5%) = 4,03 maka Ho ditolak yang artinya ada perbedaan hasil prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan SAVI dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Diperoleh pula FB = 363,11 > F(1;50;5%) = 4,03 maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai kemampuan numerik tinggi dan rendah. Serta FAB= -52,6 < F(1;50;5%)=4,03 maka Ho diterima yang artinya tidak ada interaksi antara pembelajaran pendekatan SAVI dengan kemampuan numerik siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Artinya antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tidak saling mempengaruhi prestasi belajarnya jika ditinjau dari kemampuan numerik siswa.
MIPA0312044 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain