Skripsi
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK KEDAULATAN RAKYAT SISWA KELAS VIIIA SEMESTER II SMP NEGERI 5 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
ABSTRAK
DUKI FANNI. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Kedaulatan Rakyat Siswa Kelas VIIIA Semester II SMP Negeri 5 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sugito, SH,MH. Drs.Yanuarto, SE,MM,SH,MH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci: CTL, prestasi,PPKn
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan konsep belajar yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sehari-hari .
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi siswa belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Randudongkal yang berjumlah 36 siswa. Obyek penelitian adalah efektifitas dan hasil yang diperoleh dari model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning pada pelajaran PPKn. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan teknik observasi,teknik tes,teknik dokumentasi,dan teknik wawancara. Teknik analisis data pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk tiap siklus, yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk data tes prestasi belajar dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan tingkat keberhasilan siswa.
Hasil penelitian, disimpulkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning prestasi belajar siswa mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 62,22 dengan ketuntasan siswa sebesar 58,33%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,47 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 63,89%, nilai sama sebesar 22,22%, nilai turun sebesar 13,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,08 dengan ketuntasan belajar 88,89%, dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 86,11%, nilai sama sebesar 11,11%, dan nilai turun sebesar 2,78%. Jadi peningkatan nilai rata-rata pra tindakan dari pre tes I dan post tes I pada siklus I sebesar 6,25 dan peningkatan nilai rata-rata tes prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 8,61. Prosentase tingkat keberhasilan meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I dimana siswa yang memperoleh nilai naik sebesar 22,22%, sedangkan siswa yang memperoleh nilai sama dan nilai turun sebesar 11,11%. Saran peneliti, guru harus pandai menentukan model pembelajaran yang tepat untuk Kompetensi Dasar dari mata pelajaran.
PKN0312006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain