Skripsi
HUBUNGAN ATRIBUT PRODUK DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI BATIK TEGALAN PNS DI BAPPEDA KABUPATEN TEGAL
ABSTRAK
Widiyawati Sukmawardani Skripsi, Hubungan Atribut Produk Dengan Membeli Batik Tegalan PNS Di BAPPEDA Di Kabupaten Tegal ,2012
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui hubungan atribut produk dengan keputusan membeli batik tegalan bagi PNS di Bappeda Kabupaten Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif Atribut produk dengan keputusan membeli batik tegalan PNS Di BAPPEDA Kabupaten Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah PNS yang ada di Bappeda Kabupaten Tegal baik itu Kepala Badan, Sekretaris, Kepala Bidang, Kasubid, Kasubag maupun Staf. Dengan jumlah populasi sebanyak 93 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis koefesien korelasi rank spearman dan uji hipotesis koefisien korelasi rank spearman. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner langsung ke objek penelitian.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rs = 0,83 yang berarti ada hubungan yang positif dan kuat antara atribut dengan keputusan pegawai membeli batik Tegalan Di Bappeda Kabupaten Tegal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas atribut produk akan sangat berpengaruh terhadap minat membeli pegawai. Semakin baik atribut produk maka minat beli pegawai akan tinggi, begitu juga sebaliknya. Semakin kurang baik atribut produk maka minat beli pegawai juga berkurang.
Hasil uji statistic menunjukkan nilai Z hitung = 7,960 lebih besar daripada nilai Z tabel = 1,960 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, bahwa terdapat hubungan yang signifikan atribut terhadap keputusan membeli di Bappeda Kabupaten Tegal.
Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif atribut produk dengan keputusan membeli batik Tegalan pegawai Bappeda Kabupaten Tegal dengan tingkat pengaruh yang positif.
Saran yang dapat diberikan kepada Pegawai Bappeda Kabupaten Tegal adalah Pegawai Bappeda diharapkan lebih mendukung lagi tentang produk lokal khususnya batik Tegalan. Untuk penelitian selanjutnya hendaknya mengambil variable lain selain atribut produk sehingga mampu untuk mengembangkan batik tegalan.
ABSTRAK
MNJ0312015 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain