Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BERITA PADA SISWA KELAS X SMK ANDALUSIA KELAMPIS JATIBARANG BREBES TAHUN PELAJARAN 2010/2011.
ABSTRAK
HABIEBIELAH, TETUKO. 2012. “Kefektifan Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Teks Berita Pada Siswa Kelas X SMK Andalusia Kelampis Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.” Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci : pembelajaran menulis, Naskah drama dan media teks berita
Penulis mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah kemampuan menulis menggunakan media teks berita dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas X SMK Andalusia Kelampis Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011? (2) Bagaimanakah kemampuan penerapan media teks berita dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa Kelas X SMK Andalusia Kelampis Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011? (3) Apakah pembelajaran menulis naskah drama melalui media teks berita efektif pada siswa kelas X SMK Andalusia Kelampis Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2010-2011?.
Penulis menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media teks berita, sebanyak 38 sampel. (2) kelompok II (kelompok control) yaitu siswa yang diajar tanpa menggunakan media teks berita, sebanyak 38 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t terhitung sebesar 8,38 dan rata-rata nilai control diperoleh t hitung sebesar 4,30 dengan t tabel 1,70.
Jadi, pembelajaran menulis naskah drama dengan tanpa menggunakan media teks berita sama-sama efektif, tetapi lebih efektif dengan menggunakan media teks berita, karena : (1) Media teks berita pada hakikatnya merupakan berita manusia secara umum akan mengetahui baik dan buruknya suatu keadaan baik dalam negeri maupun luar negeri dengan secara langsung akan mengetahuinya. (2) Dengan media teks berita siswa antusias untuk belajar, khususnya membuat naskah drama. (3) Dan media teks berita dapat membantu siswa secara dalam mencari ide-ide yang tertulisdalam suatu teks berita
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode menulis media teks berita dalam pengajaran menulis terutama menulis naskah drama agar pembelajaran disekolah bisa lebih efektif.
PBSI0312 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain