Skripsi
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT DI BANK BJB CABANG TEGAL
ABSTRAK
J.L. BAJU ARIESTANTO, NPM. 4105502405, “HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT DI BANK BJB CABANG TEGAL”. SKRIPSI. 2012 PEMBIMBING I JAKA WASKITO, SE,M.Si DAN PEMBIMBING II NIKEN WAHYU C, SE, MM
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan keputusan pengambilan kredit di Bank BJB Cabang Tegal Hipotesis dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang signifikan dengan keputusan pengambilan kredit di Bank BJB Cabang Tegal.
Teknik pengambilan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Rank Spearman dan Koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data hubungan antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan keputusan pengambilan kredit adalah bersifat positif dan rendah ditujukan dengan koefesien korelasi spearman rs = 0,3621 ini berarti apabila pelayanan baik, maka nasabah akan merasa puas. Sebaiknya jika pelayanan kurang baik, maka nasabah akan merasa tidak puas dan berdasarkan uji statistik menunjukan bahwa hubungan tersebut signifikan. Dari hasil perhitungan di atas diperoleh nilai Z(0,025) sebesar 1,960 dan Zhitung (3,439) > Z(0,025) (1,960) maka berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan keputusan pengambilan kredit di Bank BJB Cabang Tegal.
Koefisien determinasi r2 = 0,362 x 0,362 = 0,1311 x 100 % = 13,11% berarti sumbangan jasa pelayanan terhadap naik turunnya keputusan pengambilan kredit di Bank BJB Cabang Tegal sebesar 13,11%. Sedangkan selebihnya 86,89% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak teridentifikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu terdapat kenyataan bahwa Bank BJB Cabang Tegal dapat memberikan kepuasan bagi para pengguna jasanya terutama permasalahan perbankan, variabel yang perlu diperhatikan adalah pelayanan yang diberikan oleh Bank BJB Cabang Tegal kepada semua pemakai jasa Bank BJB Cabang Tegal tanpa terkecuali, dalam hal ini perlu sikap yang bijak dari pihak manajemen agar tetap mempertahankan pelayanan yang baik bahkan bila perlu terus meningkatkannya.
MNJ0312017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain