Skripsi
FAKTOR-FAKTOR DETERMINASI YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL LULUSAN SMA DI KABUPATEN BREBES
Hasil lulusan SMA berhubungan dengan berbagai faktor, seperti kompetensi guru, kualitas sekolah, peran komite sekolah, dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Berikutnya adalah seberapa besar kontribusi positif kepemimpinan Kepala Sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama maupun individu terhadap kompetensi guru? Seberapa besar kontribusi positif kompetensi guru, peran komite sekolah dan kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama-sama maupun individu terhadap kualitas sekolah? Seberapa besar kontribusi positif kompetensi guru, kualitas sekolah, peran komite sekolah, dan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap lulusan SMA di Kabupaten Brebes.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model dekomposisi dalam rangka analisis jalur (path analysis). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto diimplementasikan kepada guru SMA se-Kabupaten Brebes. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin, secara proporsional random sampling, diperoleh 153 guru SMA se-Kabupaten Brebes, sabagai sampel. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan teknik angket dengan instrumen skala pengukuran.
Hasil analisis data menemukan dari empat faktor determinan yang diteliti secara bersama-sama maupun individu diperoleh hasil Pertama, kontribusi kepemimpinan Kepala Sekolah dan peran komite sekolah terhadap kompetensi guru sebesar 62%. Kedua, kompetensi guru peran komite sekolah dan kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kualitas sekolah sebesar 58,5%. Ketiga, kompetensi guru, kualitas sekolah, peran komite sekolah dan kepemimpinan Kepala Sekolah secara bersama terhadap hasil lulusan SMA di Kabupaten Brebes sebesar 79,2 %.
Implikasi dari hasil penelitian adalah “Jika ingin meningkatkan kualitas hasil lulusan secara optimal siswa SMA di Kabupaten Brebes maka perlu dikembangkan kompetensi guru secara holistik dan terintegrasi dari empat subkompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional, dan didukung oleh kepemimpinan Kepala Sekolah yang handal, kualitas sekolah yang baik, dan partisipasi seluruh masyarakat melalui komite sekolah.”
Kata Kunci: Kompetensi guru, Kualitas sekolah, Peran Komite Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah, hasil lulusan.
25062012D1 | Tersedia | ||
0422013PEN | 371.12 KOD f C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain