Skripsi
Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Kemandirian dalam Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Kelas VIII MTs Ma’arif NU I Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
KHOTIMAH, KHUSNUL. 2012. “Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Kemandirian dalam Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Kelas VIII MTs Ma’arif NU I Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II Suriswo, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kemandirian dalam Menyelesaikan Masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh konseling kelompok terhadap kemandirian dalam menyelesaikan masalah peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU I Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Ma’arif NU I Brebes kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 peserta didik yang diambil sebagai sampel 24 peserta didik dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data, diketahui pengaruh konseling kelompok terhadap kemandirian dalam menyelesaikan masalah peserta didik, diperoleh nilai r = 0,737. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 24 taraf signifikan 5 % ternyata nilai r lebih besar dari rtabel yaitu 0,737 > 0,404. Maka “ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok terhadap kemandirian dalam menyelesaikan masalah peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU I Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima.
Adapun saran yang saya ajukan sehubungan dengan penerapan konseling kelompok dalam kriteria baik maka perlu ditingkatkan lagi agar menjadi lebih baik, berkaitan dengan kondisi kemandirian dalam menyelesaikan masalah dalam kategori tinggi, maka perlu ditambah agar hasilnya lebih tinggi atau lebih memuaskan, dan berkenaan dengan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemandirian dalam menyelesaikan masalah peserta didik maka perlu adanya pengembangan agar hasilnya menjadi sangat baik.
BK0128082012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain