Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP BRAND IMAGE PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DEDY JAYA BREBES
Nurul Khafidoh. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Brand Image pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Dedy Jaya Brebes. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2012.
Tujuan penelitian ini adalah1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap brand image 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi harga terhadap brand image dan 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap brand image
Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Diduga Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap brand image 2) Diduga Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi harga terhadap brand image 3) Diduga Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap brand image.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Rank Spearman, Uji Signifikansi Koefisien Korelasi, Analisis Korelasi Berganda, Uji Signifikansi Koefisien Korelasi Berganda, dan Uji Koefisien Determinasi.
Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman variabel kualitas pelayanan dengan Brand Image diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,714. Hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan antara kualitas pelayanan dengan Brand Image tergolong kuat. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi di peroleh nilai sig 0,000 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara antara kualitas pelayanan dengan Brand Image. Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman variabel harga dengan Brand Image diperoleh hasil berupa angka koefisien korelasi sebesar 0,675. Hal tersebut dapat diartikan bahwa hubungan antara harga dengan Brand Image tergolong kuat. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi diperoleh diperoleh nilai sig 0,000. yang berarti ada hubungan yang signifikan antara antara harga dengan Brand Image. Dari hasil perhitungan korelasi berganda diperoleh hasil R sebesar 0,822. Hasil Korelasi Berganda (R) = 0,822 yang diinterpretasikan dengan tabel interpretasi nilai r berada pada interval 0,800 – 1,000. Hal itu dapat diartikan hubungan hubungan antara variabel kualitas kualitas pelayanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara bersama-sama terhadap brand image (Y) tergolong sangat kuat. Dari hasil perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi berganda di atas didapat harga nilai signifikansi 0,000 maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara bersama-sama terhadap brand image (Y) di Rumah sakit Dedy Jaya Brebes. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, kontribusi yang diberikan variabel kualitas pelayanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara bersama-sama terhadap brand image (Y) di Rumah sakit Dedy Jaya Brebes memperoleh hasil sebesar 67,6 %. Koefisien determinasi sebesar 67,6 %. tersebut mengandung arti bahwa 67,6 % variasi dari variabel tersebut disekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara bersama-sama terhadap brand image (Y) di Rumah sakit Dedy Jaya Brebes, sedangkan yang 32,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
410850281649201 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain