Skripsi
Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012
Sulistiowati. 2012. Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Moral Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Muhaemin Sadirun SH, MH, Sugito SH, MH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Moral
Kondisi moral siswa dalam kalangan pendidikan sejauh ini belum memuaskan. Melihat situasi yang terjadi maka guna mempunyai cara untuk dapat meningkatkan moral siswa. Salah satu caranya yaitu menekankan rasa nilai-nilai moral serta nilai-nilai akhlakul karimah yang semuanya terkandung dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan moral siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendorong dalam pembentukan moral siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Tahun Pelajaran 2012?. Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample, pemerikasaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan moral siswa kelas X di luar kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PKn adanya peraturan sekolah, fasilitas yang memadai, kepribadian siswa atau kebiasaan siswa yang ada di SMA Negeri 1 Kramat; pada saat proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PKn yaitu kepribadian guru harus bisa menjadi tauladan yang baik bagi siswanya, adanya kebiasaan harus mematuhi tata tertib sekolah, adanya pemberian sanksi.
Faktor pendorong peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan moral siswa kelas X yaitu faktor internal yang berasal dari dalam dirinya sendiri, serta faktor eksternal yang berasal dari pengaruh keluarga, sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa tersebut.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah pemberian hadiah dari guru PKn untuk siswa yang nilai ulangan hariannya baik dan siswa yang mematuhi peraturan. Cara menanamkan peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan moral siswa dengan menekankan dan mengamalkan nilai-nilai moral, serta pemberian jam tambahan mata pelajaran PKn agar materi yang didapat siswa lebih banyak, karena pelajaran PKn salah satu pelajaran yang dapat membentuk moral siswa ke arah yang lebih baik, sehingga moral siswa disekolah menjadi lebih baik
1208500738 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain