Skripsi
Pengaruh Layanan Anak Berbakat terhadap Kreativitas peserta didik Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kebupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Kata Kunci : Anak Berbakat dan Kreativitas.
Layanan anak berbakat merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling untuk membantu perkembangan kreativitas peserta didik. Perkembangan kreativitas peserta didik pada dasarnya dapat berjalan lancar jika layanan anak berbaka diberikan dengan benar untuk mengarahkan perkembangan bakat-bakat khusus peserta didik.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat “Pengaruh Layanan Anak Berbakat terhadap Kreativitas peserta didik Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kebupaten Brebes Tahun Pelajaran 20011 / 2012â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan anak berbakat secara intensif terhadap kreativitas peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII sejumlah 206 peserta didik, sampel ditetapkan sebesar 21 peserta didik sebagai responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode utama, sedangkan metode wawancara dan dokumentasi sebagai metode pendukung.
Dari hasil analisis data, ditemukan rhitung sebesar 0,786. Nilai hitung tersebut dikonsultasikan pada rtabel, N=21, harga r product moment taraf signifikan 5% diperoleh 0,433. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,786>0,433, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang mengemukakan Tidak ada Pengaruh Layanan Anak Berbakat terhadap Kreativitas peserta didik Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kebupaten Brebes Tahun Pelajaran 20011 / 2012. ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha) Ada pengaruh Pengaruh Layanan Anak Berbakat terhadap Kreativitas peserta didik Kelas VIII MTs Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Kebupaten Brebes Tahun Pelajaran 20011 / 2012.
Selain itu ditemukan juga Layanan anak berbakat yang dilaksanakan secara intensif dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam kategori cukup, distribusi frekuensi pengaruh sebesar 34%, lalu untuk mengetahui kreativitas peserta didik dalam kategori tinggi, distribusi frekuensi sebesar 29%. Saran yang direkomendasikan adalah agar diupayakan peningkatan layanan anak berbakat agar peserta didik bisa mengaktualisasi diri sehingga peserta didik termotivasi untuk mengembangkan kreativitas.
1108501023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain