Skripsi
Peran Layanan Bimbingan Karir terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Bimbingan Karir dan Minat Melanjutkan ke Perguruan tinggi.
Layanan bimbingan karir sangat berperan terhadap minat peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi, hasil ini dapat dilihat dari ketertarikan peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi setelah pemberian layanan bimbingan karir. Apabila pemberian layanan bimbingan dapat mengena pada sasaran, maka peserta didik dapat memilih karirnya kedepan dengan baik sesuai bakat dan minat peserta didik. Masalah yang muncul adalah apakah ada peran anatara layanan bimbingan karir terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran layanan bimbingan karir terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 201/2012 sebanyak 189. Dan sampel diambil sebesar 15% dari 189 yaitu 28 peserta didik. Variabel penelitian adalah layanan bimbingan karir (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan minat melanjutkan ke perguruan tinggi (variabel terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpul data berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi produck moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah 2 split half. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi produck moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,703 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 28 diperoleh rtabel sebesar 0,374, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya ada peran pelaksanaan layanan bimbingan karir terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Pada variabel layanan bimbingan karir rata-rata memiliki kriteria prosentase kurang 7,14%, kategori sedang 10,71%, kategori tinggi 42,86%, dan kategori sangat tinggi 39,29%. Sehingga pelaksanaan layanan bimbingan karir dalam kategori tinggi yaitu dengan hasil prosentase 42,86%. Sedangkan pada variabel minat melanjutkan ke perguruan tinggi rata-rata memiliki kriteria prosentase kategori kurang 3,57%, kategori sedang 10,57%, kategori tinggi 46,43%, dan kategori sangat tinggi 39,29%. Sehingga minat melanjutkan ke perguruan tinggi dalam kategori tinggi yaitu dengan hasil prosentase 46,43%.
Simpulan hasil penelitian ini adalah ada peran layanan bimbingan karir terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran diharapkan agar layanan bimbingan karir dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk dapat membangkitkan minat peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi dan memperoleh wawasan mengenai karir.
1108500977 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain