Skripsi
Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Mencontek Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Perilaku Mencontek
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah banyaknya kasus mencontek yang terjadi di kalangan pelajar. Perilaku mencontek dianggap sebagai suatu hal yang wajar terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perilaku ini muncul ketika peserta didik kurang memiliki kepercayaan diri bahwa dirinya mampu mengerjakan soal-soal ujian/ulangan/tes. Kepercayaan diri yang dimiliki peserta didik dapat membantu dalam menangani berbagai tugas dengan lebih mudah, khususnya pada saat menghadapi ujian/ulangan/tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku mencontek pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 444 peserta didik. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 44 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase tingkat kepercayaan diri yang diperoleh dalam kategori sangat tinggi sebesar 6,82%, tinggi sebesar 13,64%, sedang sebesar 31,82%, kurang sebesar 20,45%, rendah sebesar 15,91%, dan sangat rendah sebesar 11,36%. Sedangkan perilaku mencontek pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 dilihat dari hasil distribusi frekuensi prosentase perilaku mencontek yang diperoleh dalam kategori sangat tinggi sebesar 6,82%, tinggi sebesar 20,45%, sedang sebesar 36,36%, cukup sebesar 15,91%, rendah sebesar 13,64%, dan sangat rendah sebesar 6,82%. Pembahasan hasil analisis diketahui r_tabel pada taraf signifikan 5%, N = 44 diperoleh sebesar 0,297. Dari perhitungan r_xy > 〖 r〗_tabel (0,611 > 0,297), maka ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku mencontek pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012.
Saran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2011/2012 hendaknya lebih meningkatkan kepercayaan diri ketika menghadapi ujian/ulangan/tes sehingga dapat meminimalisir perilaku mencontek yang terjadi. Hal itu karena, kepercayaan diri ini berpengaruh dengan perilaku mencontek pada peserta didik.
1110500228 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain