Skripsi
Hubungan pemanfaatan waktu senggang dengan prestasi belajar Peserta Didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012
Kata Kunci : Pemanfaatan Waktu Senggang, Prestasi Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan waktu senggang, Bagaimana prestasi belajar, Bagaimana hubungan pemanfaatan waktu senggang dengan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemanfaatan waktu senggang, Bagaimanakah kondisi minat belajar, prestasi belajar, Bagaimana hubungan pemanfaatan waktu senggang dengan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 44 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 44 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah pemanfaatan waktu senggang (variabel bebas) dan prestasi belajar peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh nilai rxy = 0,968 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 44 taraf signifikasi 5% ternyata rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,968 > 0,297 artinya Pengaruh signifikan antara pemanfaatan waktu senggang dengan prestasi belajar Peserta Didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat Pengaruh signifikan antara pemanfaatan waktu senggang dengan prestasi belajar Peserta Didik kelas XI SMA NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran bagi peserta didik dapat memanfaatkan waktu senggang guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam peningkatan prestasi belajar, bagi guru mata pelajar hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK supaya pengawasan secara periodik.
1108501008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain