Skripsi
Pengaruh Berpacaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri I Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Pengaruh Berpacaran dan Motivasi Belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri I Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Adapun tujuanya adalah untuk mengetahui apa saja yang dilakukan peserta didik ketika sedang berpacaran, untuk mengetahui alasan peserta didik dalam berpacaran, untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik, untuk mengetahui pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri I Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sebagai populasi 147 peserta didik kelas XI SMA Negeri I Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012, dan sampel 36 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan adalah proposional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Teknik pengumpul data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan product moment.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,558 jika dibanding dengan tabel pada taraf 5% dengan N = 36 diperoleh harga r tabel sebesar 0,329 maka disimpulkan rxy > r tabel(0,558>0,329), berati terdapat hubungan pengaruh berpacaran terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri I Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini berati hipotesis (Ha) ditrima dan telah terbukti pada penelitian ini. tingkat pengaruh berpacaran pada sampel penelitian adalah 25%, sedangkan pada motivasi belajar tercapai 41,66%.
Hendaknya guru pembimbing di sekolah dapat memberikan arahan dan motivasi kepada peserta didik. khususnya dalam membina sikap peserta didik yang baik terhadap perilaku positif, agar peserta didik dapat menjaga atau mengontrol diri dalam berpacaran, dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas atau seks bebas, dapat menjaga kehormatan, kesucian, nama baik dirinya sendiri, sekolah, keluarga, agama serta bangsanya
1108500903 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain