Skripsi
Peran Layanan Bimbingan Karir Terhadap Pemahaman Studi Lanjut Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Karir dan Pemahaman Studi Lanjut
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan karir, pemahaman studi lanjut, apakah ada pengaruh bimbingan karir terhadap pemahaman studi lanjut peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bimbingan Karir, Pemahaman Studi Lanjut, ada tidaknya pengaruh bimbingan karir terhadap pemahaman pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 306 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 30 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah bimbingan karir (variabel bebas) dan pemahaman studi lanjut peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Dari hasil analisis diperoleh rxy sebesar 0,497 jika dibanding dengan rtabel pada taraf 5% dengan N = 30 diperoleh harga rtabel sebesar 0,361 maka dapat disimpulkan rxy > rtabel artinya Terdapat Pengaruh bimbingan karir terhadap pemehaman peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh bimbingan karir terhadap pemahaman studi lanjut peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta didik dapat meningkatkan perilaku guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam melanjutkan studi, bagi guru BK hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK juga supaya memberikan layanan konseling secara periodik, bagi peserta didik yang menjadi responden diharapkan dapat dijadikan indikator supaya meningkatkan pemahaman studi lanjut peserta didik.
1108500984 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain