Skripsi
Peranan Peer Konseling Dalam Pengentasan Masalah Pribadi Peserta Didik Kelas VIII Di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Peer Konseling dan Masalah Pribadi
Peer konseling sebagai media yang tepat dalam pemberian bantuan teman sebaya dalam mengatasi masalah pribadi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah ada peran Peer Konseling Dalam Pengentasan Masalah Pribadi Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran Peer Konseling Dalam Pengentasan Masalah Pribadi Peserta Didik Kelas VIII Di MT.s Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian sejumlah 200 peserta didik, penetapan sampel secara proporsional random sampling berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, teknik observasi, teknik interview dan dokumentasi. Uji validitas dan realibilitas angket dengan korelasi Pearson angket dinyatakan valid dan reliable. Uji analisis data deskriptif dan secara statistik dengan rumus korelasi prduct momemt. Hasil deskriptif sebelum treatment dipersiapkan dalam kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (12,5%), kategori sedang 2 peserta didik (25%), kategori cukup 1 peserta didik (12,5%), dan kategori tinggi 3 peserta didik (37,5%). Sedang sesudah treatment dipersepsikan sangat tinggi sebanyak 2 peserta didik (50%), tinggi 1 peserta didik (12,5%), dan kategori cukup sebanyak 3 peserta didik (37,5%), jadi ada peningkatan.
Uji hipotesis denga rumus t test diperoleh nilai thitung sebesar 8,857. Nilai thitung, dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan α 5%, dengan derajat kebebasan N-1 atau 8-1=7 dimana diperoleh ttabel sebesar 2,365 ternyata thitung lebih besar dari ttabel = 8,857 > 2,365 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang menyatakan ada Peranan Peer Konseling Dalam Pengentasan Masalah Pribadi Peserta Didik Kelas VIII di MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian ”Ada Peranan Peer Konseling Dalam Pengentasan Masalah Pribadi Peserta Didik Kelas VIII di MT.s Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Disarankan pada guru bimbingan dan konseling untuk dapat memanfaatkan layanan bantuan teman sebaya, sekolah mampu menyediakan fasilitas untuk pelakasanaan pemberian layanan bantuan teman sebaya, peserta didik dapat memanfaatkan kegiatan peer konseling yang dapat mengarahkan peserta didik untuk memiliki kepribadian yang sehat dan terarah.
1108500858 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain