Skripsi
Keefektifan Metode Pengalaman Pribadi dan Oranglain dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pengalaman Pribadi dan Orang lain, Menulis cerpen
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan unutk menggambarkan kemampuan cerpen siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes, tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 320 siswa. Dari 320 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 80 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes menulis yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t berdasarkan analisis t.hitung 6,49 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 39 pada taraf signifikasi 0,05 harga ttabel 1,70. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari t tabel ( 6.49>1,70 ). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kemudian, kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 14,2 (14,2 > 1,67). Ini menunjukan bahwa t hitunglebih besar dari pada t tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarharjo Kabupaten Brebes, tahun pelajaran 2011/2012 yang diberi pembelajaran menggunakan menggunakan metode pengalaman pribadi dan oranglain akan memperoleh prestasi menulis cerpen lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan metode pengalaman pribadi dan oranglain.
1505500514 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain