Skripsi
Implikatur Percakapan dalam Novel Wajah-Wajah Perempuan Karya A.A. Seraya P. Tisna dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SMA
Kata Kunci: Implikatur Percakapan, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Penelitian wujud dan jenis implikatur percakapan merupakan kajian dalam ilmu pragmatik. Penelitian ini perlu dilakukan karena masalah wujud dan jenis implikatur percakapan belum mendapat perhatian yang serius dari para ahli bahasa sehingga diharapkan dalam penelitian ini dapat dipergunakan untuk menambah kajian dan wawasan bagi siswa yang ingin belajar tentang bahasa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah wujud implikatur percakapan dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A. Seraya P. Tisna, (2) Jenis implikatur percakapan apa sajakah dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A. Seraya P. Tisna, dan (3) Bagaimanakah implikasinya bagi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan wujud implikatur percakapan dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A. Seraya P. Tisna, (2) Mendeskripsikan jenis implikatur percakapan dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A. Seraya P. Tisna, (3) Mengidentifikasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, sumber datanya berupa buku novel yang berjudul Wajah-Wajah Perempuan karya A.A Seraya P. Tisna, wujud datanya berupa penggalan-penggalan dialog atau percakapan yang di dalamnya mengandung implikatur percakapan, yang terdapat pada novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A Seraya P. Tisna. Penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik baca sebagai dasar dan teknik catat sebagai kelanjutannya, dan teknik analisis datanya menggunakan metode padan.
Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menunjukan data berupa dialog yang terdapat dalam novel Wajah-Wajah Perempuan karya A.A. Seraya P. Tisna. Dialog dalam novel tersebut diklasifikasikan sesuai wujud dan jenis implikatur percakapannya. Implikasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia bagi siswa SMA, yaitu diharapkan agar siswa mampu memhami informasi yang disampaikan secara langsung yang berkaitan dengan bahasa, khususnya pada implikatur percakapan.
06092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain