Skripsi
Hakikat Cinta dalam Roman Layla Majnun Karya Syaikh Nizami dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra di SMA
Kata Kunci: Hakikat Cinta, Roman, Pembelajaran Sastra.
Roman Layla Majnun merupakan salah satu roman yang sebagian besar memiliki tema tentang cinta. Masalah cinta merupakan fitrah manusia yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Permasalahan yang muncul dalam kajian ini adalah bagaimanakah wujud hakikat cinta yang terdapat dalam roman Lalya Majnun karya Syaikh Nizami serta bagaimanakah implikasi hakikat cinta roman ini bagi pembelajaran sastra di SMA. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hakikat cinta yang terdapat dalam roman Layla Majnun karya Syaikh Nizami dan medeskripsikan implikasi pembelajaran hakikat cinta yang terdapat dalam roman Layla Majnun karya Syaikh Nizami bagi pembelajaran sastra di SMA.
Adapun landasan teori yang digunakan dalam kajian ini dalah tentang struktur fakta ysgn terdiri dari alur, tokoh, penokohan, dan latar. Teori selanjutnya adalah teori tentang hakikat cinta, definisi cinta menurut para ahli, wujud hakikat cinta dan tanda-tanda umum jatuh cinta. Pendekatan yang di gunakan dalam kajian ini adalah pendekatan langsung kebeberapa perpustakaan dan pendekatan kualitatif untuk mengkaji fakta cerita yang terdiri atas alur, tokoh, penokohan dan latar. Pendekatan deskriptif digunakan untuk menentukan wujud hakikat cinta, dan pembelajaran sastra digunakan unruk menentukan implikasi pembelajaran sastra dii SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pembahasan penelitian ini dilakukan dengan menunjukan kutipan kalimat yang menunjukan wujud hakikat cinta dalam roman Layla Majnun karya Syaikh Nizami.
Hasil dari kajian ini yaitu wujud hakikat cinta yang ada dalam roman Layla Majnun karya Syaikh Nizami terditi atas sebagai berikut (1) cinta kepada orang tua (2) cinta kepada kekasih (3) cinta sepasang suami istri dan (4) cinta kepada keluarga.
Implikasi pembelajaran hakikat cinta dalam roman ini adalah membantu siswa dalam kematangan berpikir siswa dalam mengidentifikasi dan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sehingga siswa mampu mengerti arti cinta dengan benar, disamping itu implikasi tersebut dapat membimbing siswa untuk memiliki cinta yang sesuai dengan norma yang ada dalam masyarakat sehingga masa muda siswa tidak sia-sia.
1508500973 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain