Skripsi
Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Variasi Gaya Mengajar dan Prestasi Belajar
Mempelajari ekonomi pada dasarnya memerlukan ketekunan dan ketelitian tersendiri dengan tidak meninggalkan logika siswa dalam mempelajarinya. Untuk mempelajari mata pelajaran ekonomi memerlukan pemahaman yang berbeda dengan pelajaran sosial lainnya.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variasi gaya mengajar guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Manfaat praktis dan teoritis adalah dapat memberikan sumbangan bagi pihak sekolah mengenai variasi gaya mengajar guru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah 169 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 42 siswa. Ada dua macam variabel yang diuji dalam penelitian ini yaitu variasi gaya mengajar dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode dokumentasi dan metode angket. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini dapat peneliti sajikan sebagai berikut : dari hasil perhitungan data, menggunakan analisis regresi sedrhana diperoleh persamaan Ŷ= 25,824+0,695x. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,709 dan koefisien determinasi 50,27 %.
Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah variasi gaya mengajar guru ekonomi dalam kategori tinggi dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup. Ada pengaruh antara variasi gaya mengajar guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal.
1308500479 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain