Skripsi
Penggunaan Media Gambar sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII D SMPN 2 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Media Gambar, prestasi belajar, IPS Ekonomi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas VIII D semester 2 SMP Negeri 2 Randudongkal tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran penggunaan media gambar.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan pembelajaran penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Ekonomi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Randudongkal yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik tes , teknik dokumentasi , dan teknik wawancara. Teknik analisis data pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk tiap siklus, yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk data tes prestasi belajar dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan tingkat keberhasilan siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran penggunaan media gambar prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi mengalami peningkatan. Nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 62,22 dengan ketuntasan siswa sebesar 58,33%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,47 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 75% dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 63,89%, nilai sama sebesar 22,22%, nilai turun sebesar 13,89%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,08 dengan ketntasan belajar 88,89%, dan tingkat keberhasilan perolehan nilai naik sebesar 86,11%, nilai sama sebesar 11,11%, dan nilai turun sebesar 2,78%. Jadi peningkatan nilai rata-rata pra tindakan dari pre tes I dan post tes I pada siklus I sebesar 6,25 dan peningkatan nilai rata-rata tes prestasi dari siklus I ke siklus II sebesar 8,61. Presentase tingkat keberhasilan prestasipun meningkat pada siklus II dibandingkan siklus I dimana siswa yang memperoleh nilai naik sebesar 22,22%, sedangkan siswa yang memperoleh nilai sama dan nilai turun sebesar 11,11%. Saran peneliti, guru dapat memberikan tugas kelompok yang lebih bervariasi dan membentuk susunan ulang anggota kelompok sehingga dapat menghindari adanya kejenuhan siswa.
1310500139 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain