Skripsi
Komparasi Hasil Belajar Kewirausahaan antara Metode Pembelajaran Konvensional dengan Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas X SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Konvensional, Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar Kewirausahaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran make a match. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya.
Populasi pada penelitian ini adalah berjumlah 60 siswa sebagai sampelnya dengan teknik cluster random sampling dengan cara dijadikan dua kelompok yaitu kelompok pertama sebagai kelas kontrol dan kelompok kedua sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu test, dokumentasi dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk tes statistik yang membandingkan skor rata-rata dalam menentukan probabilitas bahwa adanya perbedaan antara metode pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran make a match.
Pengolahan data menggunakan rumus uji-t diketemukan bahwa thitung= 2,249. Jika di interprestasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% untuk N=30, yaitu sebesar 1,69. Ternyata thitung = 2,249 > ttabel taraf signifikan 5%, sehingga Ho ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi “Terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara metode pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran make a match pada siswa kelas X SMK PGRI Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012â€.
Dengan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar kewirausahaan metode pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran make a match, maka hendaknya seorang guru perlu mengembangkan dan mengadakan terobosan baru dalam menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar dalam proses belajar mengajar siswa tidak bosan.
1308500581 | Tersedia | ||
15092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain