rtabel pada taraf signifikan 5% atau 0,339 > 0,329. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja (Ha) yang diajukan terbukti signifikan atau dapat diterima. Sarannya, sekolah menyediakan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan bimbingan sosial. Untuk orang tua agar bekerjasama dengan guru pembimbing dalam memberikan perhatian baik secara materiil maupun moril untuk menumbuhkan dan mengembangkan ketrampilan sosial peserta didik. Dan untuk peserta didik, agar memanfaatkan layanan bimbingan sosial untuk menjalin interaksi dengan baik dan menjadi individu yang lebih baik lagi untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat." />
Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Ketrampilan Sosial dalam Berkomunikasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Pelajaran 2011/2012
SURYANINGSIH, LAELY. NPM. 1108501019. 2012. "Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Ketrampilan Sosial dalam Berkomunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah, Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2011/2012". Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco, K.W, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Sugiyanto, H.N, M.Pd
Kata kunci: Layanan Bimbingan Sosial, Ketrampilan Sosial dalam Berkomunikasi
Layanan bimbingan sosial di sekolah merupakan salah satu layanan yang digunakan untuk membahas permasalahan-permasalahan sosial peserta didik. Dengan layanan ini, diharapkan peserta didik dapat meningkat ketrampilan sosial dalam berkomunikasinya sehingga peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Permasalahan yang dikemukakan adalah bagaimanakah layanan bimbingan sosial yang dilakukan sekolah, bagaimana ketrampilan sosial dalam berkomunikasi peserta didik dan adakah pengaruh layanan bimbingan sosial terhadap ketrampilan sosial dalam berkomunikasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi 143 dari jumlah subjek dan sampel 25% dari jumlah populasi yaitu 36 peserta didik. Teknik yang digunakan adalah classter purposive random sampling dengan alasan agar tiap kelas dalam populasi dapat terwakili dalam penelitian ini. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari layanan bimbingan sosial terhadap ketrampilan sosial dalam berkomunikasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkah Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan analisis statistik dengan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,339, kemudian dikonsultasikan dengan harga rtabel dengan N = 36 dan taraf signifikan 5% sebesar 0,329. Hasilnya adalah rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% atau 0,339 > 0,329. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja (Ha) yang diajukan terbukti signifikan atau dapat diterima.
Sarannya, sekolah menyediakan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan bimbingan sosial. Untuk orang tua agar bekerjasama dengan guru pembimbing dalam memberikan perhatian baik secara materiil maupun moril untuk menumbuhkan dan mengembangkan ketrampilan sosial peserta didik. Dan untuk peserta didik, agar memanfaatkan layanan bimbingan sosial untuk menjalin interaksi dengan baik dan menjadi individu yang lebih baik lagi untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
BK0113092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain