Skripsi
Peran Konseling Agama Terhadap Ketaatan Menjalankan Ajaran Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
ADAWIYYAH, ROBIATUL 2012. NPM: 1108500971. Judul “Peran Konseling Agama Terhadap Ketaatan Menjalankan Ajaran Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Dr. Dino Rozano, M.Pd. Drs. Sukoco KW, M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Kata Kunci : Konseling Agama dan Ketaatan Beragama
Penelitian ini mengetengahkan pokok masalah sejauh mana peran konseling agama terhadap ketaatan menjalankan ajaran agama Islam pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang Tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang dicapai adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan peran konseling agama terhadap ketaatan menjalankan ajaran agama Islam pada peserta didik Kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi adalah peserta didik kelas VIII di SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang sejumlah 174 peserta didik, dan sampel sejumlah 40 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, wawancara, dan observasi serta dokumentasi.
Analisis perbedaan dengan analisis deskripstif prosentase dan analisis t-test untuk mengetahui tingkat ketaatan menjalankan ajaran agama Islam pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dilaksanakan konseling agama sebagai berikut: terdapat 16 peserta didik atau (80%) yang memiliki ketaatan beragama rendah, setelah dilaksanakan konseling agama sebagai berikut: terdapat 15 peserta didik atau (75 %) yang memiliki ketaatan beragama tinggi. Dapat hasil tersebut nampak bahwa secara umum dengan layanan konseling agama, ketaatan menjalankan ajaran agama peserta didik dapat meningkat dari kategori rendah menjadi tinggi. Hasil dari perhitungan statistik menggunakan t-test, hasil perhitungan data tersebut thitung diperoleh mencapai sebesar 10, 045. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5 % dengan derajat kebebasan N-1 atau 20-1=19, dimana diperoleh ttabel = 2, 093. Ternyata perolehan thitung dan ttabel menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu thitung = 10, 045 > ttabel = 2, 093 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, bahwa terdapat peran konseling agama terhadap ketaatan menjalankan ajaran agama Islam pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran konseling agama berpengaruh penting dalam ketaatan dalam menjalankan ajaran agama islam pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Salafiyah Kauman Pemalang.
Saran yang direkomendasikan bagi kepala sekolah, guru pembimbing, orang tua hendaknya memperhatikan dalam memberikan layanan bimbingan konseling agama.
BK0213092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain