Skripsi
Keefektifan Bimbingan Pribadi terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
WAKHYUDI. NPM. 1108501087. 2012. “Keefektifan Bimbingan Pribadi terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd., Pembimbing II: Suriswo, M.Pd.
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Kesehatan Mental
Mental setiap peserta didik sangat beragam. Mental yang kuat membuat peserta didik mampu menguasai emosi yang timbul dalam pribadinya. Sedangkan peserta didik yang tidak kuat mentalnya dapat berakibat buruk bagi jiwanya. Kebanyakan dari mereka yang mengalami kesehatan mental adalah peserta didik yang mengalami permasalahan besar. Permasalahan yang di rumah dibawa ke sekolah, permasalahan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik karena guru tidak efektif dalam cara mengajar. Permasalahan tersebut harus diatasi sehingga tidak mengakibatkan timbulnya gangguan mental yang lebih buruk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kesehatan mental peserta didik kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum pelaksanaan bimbingan pribadi. 2) kesehatan mental pada peserta didik kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah pelaksanaan bimbingan pribadi. 3) keefektifan bimbingan pribadi terhadap kesehatan mental peserta didik kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 sebelum dan sesudah bimbingan pribadi.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 106 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari jumlah populasi yaitu 20% x 106 = 21,2 dibulatkan menjadi 21 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test.
Dari hasil analisis data perhitungan t-test diperoleh nilai tertinggi thitung sebesar 2,33. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 21 – 1 = 20 dimana diperoleh ttable = 2,08 ternyata thitung = 2,33 > ttabel = 2,08, artinya hipotesis alternatif yang menyatakan “Ada keefektifan bimbingan pribadi terhadap kesehatan mental peserta didik kelas VIII MTs Mafatihul Huda Padakaton Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”, diterima”
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah diharapkan guru bimbingan konseling dapat mengembangkan bimbingan pribadi secara menyeluruh untuk memperbaiki kesehatan mental peserta didik.
BK0413092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain