Skripsi
Dampak Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Tidak Disiplin dalam Belajar (Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012)
AYU, DEWI PURWA INDAH, 1108500994. 2012. “Dampak Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Tidak Disiplin dalam Belajar (Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012)”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Dr. Hj. Sitti Hartinah D.S., M.M., Pembimbing II: Suriswo, M.Pd.
Kata kunci : Penggunaan Facebook, Perilaku Tidak Disiplin dalam Belajar
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan facebook terhadap perilaku tidak disiplin dalam belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan facebook terhadap perilaku tidak disiplin dalam belajar pada peserta didik
Populasi dalam penelitian ini adalah 148 peserta didik dengan sampel berjumlah 37 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus sperman brown, sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Pada variabel dampak facebok bagi peserta didik dalam kategori sangat rendah sebanyak 4 peserta didik (10,81%), kategori rendah sebanyak 5 peserta didik (13,51%), kategori cukup sebanyak 8 peserta didik (21,62%), kategori sedang sebanyak 11 peserta didik (29,72%), kategori tinggi 8 peserta didik (21,62%), dan kategori sangat tinggi 1 peserta didik (2,70%). Kondisi ini menunjukkan bahwa dampak facebook bagi peserta didik dalam kriteria sedang. Sedangkan variabel perilaku tidak disiplin dalam belajar peserta didik dalam kategori dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 peserta didik (5,41%), kategori rendah sebanyak 2 peserta didik (5,41%), kategori cukup sebanyak 8 peserta didik (21,62%), kategori sedang sebanyak 11 peserta didik (29,72%), kategori tinggi 5 peserta didik (13,51%), dan kategori sangat tinggi 9 peserta didik (24,32%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perilaku tidak disiplin peserta didik pada sampel penelitian tergolong sedang. Dari data tersebut diperoleh rxy sebesar 0,414 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 37 taraf signifikasi 5% = 0,325, maka rxy > rtabel, 0,414 > 0,325 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada dampak facebook terhadap perilaku tidak disiplin dalam belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran dari penulis hendaknya dapat selalu mengawasi tingkah laku peserta didik di sekolah sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan tepat waktu, mempermudah guru dalam mengontrol perkembangan tingkah laku anak disekolah dan guru juga dapat lebih mengenal tabiat anak didiknya.
BK0513092012 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain