Skripsi
Hubungan antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Guru dan Motivasi Belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan antara kemampuan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui seberapa jauh kemampuan mengajar guru di SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam memberikan motivasi terhadap siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. (3) Mengetahui gambaran empiris mengenai hubungan antara kemampuan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi product moment, yaitu penelitian yang akan melihat hubungan antara variabel X dengan variabel Y.
Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment, maka dapat diambil kesimpulan yang menyatakan bahwa terdapat Hubungan positif dan signifikan antara Kemampuan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Ihsaniyah Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” karena dari hasil penelitian diperoleh rhitung sebesar 0,520 melebihi harga rtabel sebesar 0,316 atau rhitung > rtabel yaitu 0,520 > 0,316 dengan N = 39 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
1308500511 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain