Skripsi
Keefektifan Metode Pembelajaran Resitasi dengan Bantuan Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Materi Lingkaran Siswa kelas VIII Semester II MTs Negeri Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektifan, Metode Resitasi, Tutor Sebaya, Motivasi, Prestasi Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan bantuan tutor sebaya dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori. Dan manakah yang lebih efektif antara metode pembelajaran resitasi dengan bantuan tutor sebaya dengan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Slawi tahun pelajaran 2011/2012 pada materi lingkaran.
Populasi dalam Penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Slawi tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 380 siswa. Dari populasi diambil sampel dengan teknik random kluster, dengan cara pengundian dimana setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Terpilih kelas VIII I sebagai kelas eksperimen, kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII U sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, angket, dan tes. Data dalam penelitian ini meliputi data motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji analisis varians multivariat satu arah (MANOVA ONE – WAY) DAN T2 – Hotelling setelah di uji dengan uji normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan bantuan tutor sebaya dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. Motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII semester II MTs Negeri Slawi tahun pelajaran 2011/2012 pada materi lingkaran lebih efektif menggunakan metode pembelajaran resitasi dengan bantuan tutor sebaya dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori.
1708501359 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain