Skripsi
Keefektifan Metode Accelerated Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kecamatan Tanjung Materi Pokok Turunan Fungsi Aljabar Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata kunci : Keefektifan, Metode Accelerated Learning, Motivasi, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya perbedaaan motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan metode accelerated learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) apakah metode accelerated learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung dengan jumlah 200 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang terambil adalah kelas XI IS5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS4 sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah berdasarkan dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan uji analisis ragam multivariate (One-Way Manova) dan dilanjutkan dengan uji Hotelling.
Hasil penelitian di SMA Negeri 1 Tanjung kelas XI IPS pada materi pokok turunan fungsi aljabar tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaaan motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran accelerated learning dengan peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional, (2) metode pembelajaran accelerated learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik.
1708501320 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain