Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Materi Pokok Bahasan Kubus dan Balok Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Randudongkal Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Keefektifan, Prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) Adakah perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CTL, Quantum Teaching dan pembelajaran konvensional.2) manakah model pembelajaran yang paling efektif antara CTL ,Quantum Teaching dan konvensional terhadap prestasi belajar pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 4 Randudongkal Pemalang Tahun ajaran 2011/2012.
Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Randudongkal Pemalang Tahun ajaran 2011/2012. Jumlah populasi sebanyak 200 peserta didik. Jumlah sampel adalah 120 peserta didik. Sampel terdiri dari tiga kelompok, tiap kelompok terdiri dari 40 peserta didik. Kelompok 1 adalah kelas VIII C, peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran CTL, kelompok II adalah kelas VIII D dengan model pembelajaran Quantum Teaching, dan Kelompok 3 adalah kelas VIII A dengan model pembelajaran Konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda, terdiri dari 30 soal dan dikerjakan dalam waktu 90 menit. Untuk mengetahui validitas, reliabilitas ,daya beda dan tingkat kesukaran instrument, penulis menguji cobakan instrument dengan memberikan tes kepada 40 peserta didik, yaitu kelas VIII B. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava dilanjutkan dengan uji Benferoni.
Hasil analisa data dengan uji anava menunjukan bahwa:1)ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CTL, Quantum Teaching dan pembelajaran konvensional 2) prestasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik daripada model pembelajaran Quantum Teaching dan konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan Kubus dan Balok pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 4 Randudongkal Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012.
1710500167 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain