Skripsi
Efektivitas Strategi Belajar Berbasis Quantum Teaching dengan Diskusi terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika ( Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar ( Kubus dan Balok ) MTs Negeri Margadana Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 )
Kata Kunci : Efektivitas, Quantum Teaching, Diskusi, Aktivitas, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok kubus dan balok yang diajarkan dengan strategi belajar berbasis quantum teaching dengan diskusi dengan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional dan untuk menentukan apakah hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan strategi belajar berbasis quantum teaching dengan diskusi lebih efektif daripada sisw yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional pada materi kubus dan balok pada peserta didik kelas VIII semester genap MTs Negeri Margadana Tegal.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap MTs Negeri Margadana Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah peserta didik 351 peserta didik terdiri dari 9 kelas. Dari 315 peserta didik tersebut diambil sampel secara random cluster (cluster random sampling) sebanyak 117 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok 1 kelas VIII H sebagai kelas uji coba sebanyak 41 peserta didik, kelompok 2 kelas VIII B sebagai kelas control sebanyak 35 peserta didik dan kelompok 3 kelas VIII C sebagai kelas eksperimen sebanyak 41 peserta didik. Untuk mendapatkan hasil aktivitas peserta didik menggunakan observasi oleh teman sejawat sedangkan untuk hasil belajar sisw menggunakan tes, bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda. Dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan uji normalitas dengan taraf signifikan 5% serta analisis data dengan manova dan dilanjutkan dengan uji T/2 – Hotelling.
Dari hasil penelitian diperoleh adanya perbedaan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII semester genap MTs Negeri Margadana Tegal pada materi kubus dan balok yang diajarkan dengan menggunakan dengan strategi belajar berbasis quantum teaching dengan diskusi daripada peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional serta diperoleh bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII semester genap MTs Negeri Margadana Tegal pada materi kubus dan balok yang diajar dengan strategi belajar berbasis quantum teaching dengan diskusi lebih efektif dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional pada taraf signifikan 5%.
1708501251 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain