Skripsi
Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Alat Peraga terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Alat Peraga, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kubus dan Balok
Pembelajaran matematika dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah model-model pembelajaran diantaranya salah satunya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat peraga dan metode konvensional, (2) apakah motivasi dan hasil belajar dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bantarbolang kabupaten Pemalang. Jumlah populasi sebanyak 169 siswa. Jumlah sampel adalah 88 siswa. Sampel terdiri dari dua kelompok, tiap kelompok terdiri dari 44 siswa. Kelompok 1 adalah kelas VIII C, siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelompok II adalah kelas VIII B, siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat peraga dan metode konvensional. Dari hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan alat peraga lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode konvensional pada materi Kubus dan Balok pada siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501283 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain