Skripsi
Keefektifan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan hasil belajar pada materi pokok bangun ruang sisi datar (suatu penelitian pada peserta didik kelas viii semester genap SMP Muhammadiyah Slawi tahun pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Investigasi, Pemecahan Masalah, Hasil Belajar.
Penelitian kelas VIII SMP Muhammadiyah Slawi kabupaten Tegal pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran Investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam pemecahan masalah matematika, (2) apakah model pembelajaran Investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar matematika, (3) apakah model pembelajaran Investigasi kelompok lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam pemecahan masalah dan hasil belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 di SMP Muhammadiyah Slawi kabupaten Tegal. dengan jumlah 91 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel penelitian diambil secara random sampling. Kelas yang diambil adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen (dengan model pembelajaran investigasi kelompok) dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol (dengan model konvensioanal). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan uji Analisis Ragam Multifariate. Dengan terlebih dahulu data di uji dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian pada siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah Slawi tahun pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar menunjukan bahwa: (1) Pembelajaran Investigasi Kelompok lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) pembelajaran Investigasi Kelompok lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) pembelajaran Investigasi Kelompok lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
1708501247 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain