Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Intensitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarub Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Model pembelajaran ATI , Prestasi belajar, Intensitas Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ATI dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari intensitas belajar siswa kelas VII SMP negeri 2 Tarub. Penelitian ini juga untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional
Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Tarub tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 180 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa untuk masing – masing kelas. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis menggunakan Rancangan Acak Kelompok.
Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ATI dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi belajar. Hal ini terbukti dari perhitungan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Simpulan dari penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarub yang diajar menggunakan model pembelajaran ATI dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari intensitas belajar, (2) model pembelajaran ATI lebih efektif dari model pembelajaran konvensional.
1708501306 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain