Skripsi
Penerapan Pembelajaran Matematika Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Program Kompetensi Teknik Audio Video SMK Nusantara 1 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012 (PTK Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Kuadrat)
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X Program Kompetensi Teknik Audio Video SMK Nusantara 1 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas X Program Kompetensi Teknik Audio Video SMK Nusantara 1 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 siswa. Menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, dirancang dalam tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai 70 pada setiap siklusnya yaitu 23, 29, dan 35 siswa, (2)adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya yaitu, 65,50; 70,25; dan 74,50.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar materi persamaan kuadrat pada siswa kelas X Program Kompetensi Teknik Audio Video SMK Nusantara 1 Comal Tahun Pelajaran 2011/2012.
1709501295 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain