Skripsi
keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe DUTI DUTA (Dua tinggal Dua tamu/two stay two stray) dan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW (Kelompok ahli/Expert teams) terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Islam Nusantara Comal Pemalang pada Pokok Bahasan Fungsi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektifan, Model Kooperatif Tipe DUTI-DUTA, JIGSAW.
Tujuan penelitian meliputi tiga hal: (1) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran kooperatif tipe DUTI-DUTA dengan model pembelajaran konvensianal pokok bahasan fungsi. (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dengan model pembelajaran konvensianal pokok bahasan fungsi. (3) Untuk mengetahui manakah yang lebih efektif model pembelajaran kooperatif tipe DUTI-DUTA dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pokok bahasan fungsi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Semester II SMK Islam Nusantara Comal. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik classter random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, bentuk tes pilihan ganda. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Penelitian ini menghasilkan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe DUTI-DUTA lebih efektif dari pada metode konvensional pokok bahasan fungsi (2) Model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW lebih efektif dari pada metode konvensional pokok bahasan fungsi (3) Model pembelajaran kooperatif tipe DUTI-DUTA lebih efektif dari pada model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pokok bahasan fungsi.
1708501238 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain