Skripsi
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization Melalui Pendekatan SAVI Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Logika Matematika Pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMK Dinamika Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Efektivitas, Tipe Teams Assisted Individualization Melalui Pendekatan SAVI, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan 1) Memperoleh gambaran mengenai prestasi belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Teams Assisted Individualization melalui pendekatan SAVI dan konvensional dan 2) Membuktikan mana yang lebih efektif pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization melalui pendekatan SAVI dibandingkan menggunakan konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Otomotif semester II SMK Dinamika Tegal yang terdiri 5 kelas dengan jumlah peserta didik 180 orang. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Otomotif 1 dan 4 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X Otomotif 2 dan 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 144 peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama, jumlah dan nilai peserta didik kelas X Otomotif pada semester I yang digunakan peneliti sebagai nilai awal. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik yang diberikan pada sampel penelitian. Instrumen tes dengan materi logika matematika, terdiri dari 23 soal pilihan ganda yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data diawali dengan uji Liliefors dan Uji Bartlet. Hasilnya disimpulkan bahwa data terbukti normal dan homogen.
Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t, disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization melalui pendekatan SAVI lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization melalui pendekatan SAVI lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
1708501405 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain