Skripsi
Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Pada Pembelajaran MatematikaTerhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Konsep Diri, Sikap pada Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh sikap pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh konsep diri dan sikap pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012, sebanyak 237 peserta didik yang terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 80 peserta didik yaitu diperoleh dari kelas VII A dan VII C. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep diri peserta didik, sikap pada pembelajaran matematika dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket, sebelum diberikan ke kelas sampel angket diuji cobakan dulu ke kelas uji coba untuk dihitung validitas dan reliabilitas. Instrumen penelitian yang dipakai 20 item dari 35 item angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda, sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartllet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. (2) Ada pengaruh sikap pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika. (3) Ada pengaruh konsep diri dan sikap pada pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika
1708501317 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain