Skripsi
Pengaruh Persepsi Siswa pada Disiplin Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi belajar matematika (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : persepsi, disiplin sekolah, motivasi berprestasi, dan prestasi belajar matematika
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi (1) apakah ada pengaruh persepsi siswa pada disiplin sekolah terhadap prestasi belajar matematika, (2) apakah ada pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) apakah ada pengaruh persepsi siswa pada disiplin sekolah dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Jumlah anggota populasi sebanyak 230 peserta didik. Dari 230 tersebut diambil sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel diambil sebanyak 2 kelas yang terdiri atas 45 peserta didik kelas VIII E, dan 45 peserta didik kelas VIII F. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data persepsi siswa pada disiplin sekolah, motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh persepsi siswa pada disiplin sekolah terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,687; (2) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 4,01, (3) ada pengaruh persepsi siswa pada disiplin sekolah dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 37,013.
1708501281 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain