Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Menggunakan Setting STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Materi Pokok Segitiga Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Keefektifan, Sains Teknologi Masyarakat, STAD, Prestasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Segitiga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat menggunakan setting STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (2) untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat menggunakan setting STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Segitiga Peserta Didik Kelas 7 Semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 jika dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012, sebanyak 239 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (acak). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D dan VII E sebagai kelompok eksperimen, serta kelas VII B dan VII F sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan ganda dengan 4 opsi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dengan terlebih dahulu data diuji menggunakan uji Lilliefors dan uji Bartlett untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Segitiga yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat menggunakan setting STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dan (2) Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat menggunakan setting STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Segitiga Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 13 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 lebih efektif jika dibandingkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
1708501329 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain