Skripsi
Studi Komparatif Antara Model Pembelajaran Problem Solving dengan TAI Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Model pembelajaran problem solving, TAI, Prestasi belajar matematika
Permasalahan utama yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu : Apakah ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan TAI ? Jika ada, perbedaan model pembelajaran mana yang lebih baik ? mengacu pada permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan TAI. (2) Untuk mengetahui model pembelajaran manakah yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 315 peserta didik yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-6 yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving dan peserta didik kelas X-4 yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran TAI yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berbentuk uraian. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama-nama peserta didik kelas X dan nilai UAS matematika semester 1 tahun 2012. Metode tes untuk memperoleh hasil tes prestasi peserta didik materi pokok trigonometri. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett.
Simpulan yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian pada pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan model pembelajaran TAI pada peserta didki kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Model pembelajaran Problem Solving lebih baik dari pada model pembelajaran TAI pada peserta didik kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Balapulang Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501262 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain