Skripsi
Keefektifan Metode Pembelajaran Questions Students Have Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Pagerbarang Tahun Pelajaran 2011/2012 Materi Pokok Trigonometri)
Kata kunci : Metode Pembelajaran Questions Students Have, Motivasi, Belajar.
Penelitian pada peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagerbarang tahun pelajaran 2011/2012 materi pokok trigonometri bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode pembelajaran questions students have dengan metode ceramah, (2) apakah metode pembelajaran questions students have lebih efektif daripada metode ceramah terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagerbarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Analisis uji hipotesis menggunakan uji Manova dan uji Hotelling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan motivasi dan prestasi belajar matematika yang diajar menggunakan metode pembelajaran questions students have dengan metode ceramah, (2) metode pembelajaran questions students have lebih efektif daripada ceramah terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.
1708501285 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain