Skripsi
KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PELUANG (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester Genap SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 20
Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan Motivasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan model Reciprocal Teaching efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika dan motivasi belajar peserta didik pada materi pokok peluang peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011 / 2012 dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 360 peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI TKR 1 dan TKR 5 sebanyak 80 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 6 dan TKR 9 sebanyak 80 peserta didik sebagai kelas kontrol, kelas XI TKR 8 sebanyak 40 peserta didik sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika dan angket motivasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, dan tes. Kemudian setelah tes dan angket diujicobakan kepada kelas sampel, setelah itu di hitung validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, dari perhitungan validitas dan reliabilitas diperoleh 10 soal tes yang terpakai dan 15 item angket yang terpakai. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis varian multivariate (MANOVA – ONE WAY) yang sebelumnya di uji dengan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika dan motivasi belajar peserta didik pada materi pokok peluang peserta didik kelas XI SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2011 / 2012 dibandingkan model pembelajaran konvensional.
1708501239 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain