Skripsi
Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Metode Diskusi, Prestasi Belajar.
Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012.
Untuk mendukung kajian tersebut, maka beberapa konsep dikemukakan meliputi : Pengertian metode mengajar, macam-macam metode mengajar, pengertian prestasi belajar, belajar, dan pengertian pendidikan kewarganegaraan.
Populasi dalam penelitian ini ditentukan, yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatibarang sejumlah 320 siswa dan sampelnya 40 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan variabel terikatnya prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan teknik angket atau kuosioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP N 1 Jatibarang dengan menggunakan metode diskusi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa karena melalui pembelajaran ini prestasi belajar siswa dapat dicapai dengan optimal, sehingga metode metode diskusi sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rumus regresi linear sederhana. Dari penggunaan metode diskusi Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMPN 1 Jatibarang yang di tunjukan dengan adanya peningkatan nilai siswa sesudah penggunaan metode diskusi.
Secara meyakinkan dapat dikatakan penggunaan metode diskusi lebih menunjukan hasil belajar yang baik dalam arti kata dapat diandalkan sebagai metode belajar yang baik.
1208500741 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain