Skripsi
Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan BagiSiswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia (SMP-PGRI) Brebes Tahun Pealajaran 2011-2011
Kata Kunci : Quantum Learning, dan Hasil Belajar
Pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang terkait tetapi juga saling kerja sama serta berinteraksi antara komponen satu dengan yang lainnya. Seiring perkembangan zaman yang sangat pesat seorang guru dituntut untuk terus mengikuti perkembangan konsep baru dalam dunia pendidikan.untuk itu guru menerapkan salah satu metode pembelajaran yaitu Quantum Learning Masalah penelitian ini dibatasi mengenai (1) penerapan metode Quantum Learning dan (2) hasil nelajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII semester 2 SMP PGRI Brebes. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana penerapan metode Quantum Learning pada mata pelajaran PKn (2) bagaimana hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII (3) apakah ada hubungan penerapan metode Quantum Learning dengan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Penerapan metode Quantum Learning pada mata pelajaran PKn (2) hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP PGRI Brebes. Manfaat penelitian ini yaitu secara teoritis penelitian ini dapat menambah referensi pengetahuan bidang pendidikan, khususnya mengenai penerapan metode Quantum Learning dan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP. Manfaat praktis dapat dijadikan pedoman bagi siswa, bapak/ibu guru PKn, serta pemerhati pendidikan dalam hubungannya dengan penerapan Metode Quantum Learning, serta hasil belajar PKn siswa SMP. Hipotesis penelitian “hubungan penerapan metode Quantum Learning dengan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII SMP PGRI Brebes.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kolerasi “penelitian yang akan melihat hubungan antara variable dangan variable lainâ€. Variable penelitian “Metode Quantum Learning (X) sebagai variable bebas (ibdependen variable). Hasil Belajar (Y) sebagai variable terikat (dependen variable). Popolasi penelitian berjumlah 284 siswa, sedangkan jumlah sambel berdasarkan pertimbangan 15 siswa. Tekhnik Sampling menggunakan simple Random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji persyaratan penelitian dengan uji validitas dan reabilitas, adapun analisis data menggunakan korelasi dan determinasi.
Hasil penelitian Metode Quantum Learning siswa kelas VII berpengaruh secara signifikan dan positif, yaitu r = 0,958. Karena rhitung > rtabel , maka menerima hipotesis, yaitu “ada hubungan penerapan metode Quantum Learning dengan hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP PGRI Brebes. Besar pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar nilai koefisien determinasi = 91,78%, artinya variable metode Quantum Learning member kontribusi terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 91,78% dan sisanya 8,22% ditentukan variable lain.
180920124 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain