Skripsi
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi Melalui Pembelajaran Kontekstual Terhadap Siswa Kelas VII MTsN Model Pemalang Tahun pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: hasil belajar, standar kompetensi, pembelajaran kontekstual.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran kontekstual standar kompetensi kegiatan ekonomi bidang distribusi pada siswa kelas VII MTsN Pemalang, mendeskripsikan hasil belajar penerapan metode pembelajaran konvensional dan kontekstual standar kompetensi kegiatan ekonomi bidang distribusi pada siswa kelas VII MTsN Pemalang, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar metode pembelajaran kontekstual terhadap pembelajaran konvensional standar kompetensi kegiatan ekonomi bidang distribusi pada siswa kelas VII MTsN Pemalang.
Penelitian ini diadakan di MTsN Model Pemalang, yang beralamat di jalan Tentara Pelajar Pemalang, Kabupaten Pemalang, dengan subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Pemalang dengan jumlah 40 anak dari kelas VIIA yang akan dijadikan sebagai kelas eksperimen dan 40 anak dari kelas VIIB yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif.
Hasil penelitian adalah Pembelajaran kontekstual dapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11% dari pembelajaran konvensional pada siswa yang melaksanakan metode pembelajaran kontekstual, berarti dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan kompetensi kegiatan ekonomi pada siswa kelas VII MTs Negeri Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis yang dilakukan dengan uji beda yang menunjukan tingkat perbedaan yang signifikan.
1809201205 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain