Skripsi
Hubungan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar
Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 220 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 44 siswa secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil analisis data menunjukan bahwa diperoleh nilai r xy = 0,411 dengan N = 44 dan = 5% diperoleh r tabel = 0,297 sehingga sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis kerja (Ha) jika r hitung > r tabel, dalam perhitungan di atas diketahui r hitung > r tabel (0,411 > 0,297). ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kondisi sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI SMK PGRI Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis penelitian ini (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat korelasi antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa dapat diterima dan (Ho) yang menyatakan tidak terdapat korelasi antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar pada siswa dapat ditolak.
Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan orang tua dapat memberikan segala kebutuhan sekolah anak-anaknya demi terciptanya motivasi belajar mereka.
1809201207 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain