Skripsi
Pengaruh Emotional Quotient Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMK Syafa’atul Umah Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci: Kecerdasan emosional (EQ), kemandirian belajar
Keinginan untuk mandiri belajar selalu dimiliki oleh setiap peserta didik, namun banyak peserta didik yang merasa pesimis mengingat kondisi kemampuan inteligensinya relatif rendah, kemampuan belajar dan keinginan untuk mandiri belajar yang beragam dan bergantung pada orang lain baik dalam kehidupan disekolah atau di masyarakat. Untuk menumbuhkan kemandirian belajar sekolah pada peserta didik maka perlu diberikan layanan bimbingan mengenai kecerdasan emosional.
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMK Syafa’atul Umah Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan landasan teori, pada penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: Terdapat pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMK Syafa’atul Umah Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Syafa’atul Umah Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 160 peserta didik. Dari 160 peserta didik tersebut diambil sampel secara random sampling dengan cara undian sebanyak 40 peserta didik yang merupakan 25 % dari populasi.
Metode pengumpulan data yang yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sementara teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik dengan menggunakan produk moment dan analisis deskriptif, analisis defkriptif yang digunakan deskriptif presentase dengan hasil untuk variabel X 35% dan variabel Y 47,5% . Dari hasil analisis data diperoleh nilai rxy (rhitung) 0,925, dengan rtabel pada taraf signifikan 5% N 40 sebesar 0,312. Besarnya rhitung dari pada rtabel (0,925> 0,312). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dan hasil analisis deskriptif variabel X tergolong kriteria tinggi sejumlah 14 peserta didik dengan prosentase 35%, dan variabel Y adalah tergolong tinggi sejumlah 19 peserta didik dengan prosentase 45,5%.
Dengan demikian kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional (EQ) terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X SMK Syafa’atul Umah Banjaratma Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
1108500906 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain